Friday 4 March 2016

neon board jakarta murah

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN CETAK DIGITAL DAN CETAK OFFSET

Sebelum memutuskan untuk memilih alat cetak mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan mesin cetak yang akan digunakan. Bila Anda bimbang menentukan mana yang lebih baik antara digital printing dengan offset printing, semoga ulasan berikut ini bisa membantu Anda memilih.
Offset Printing
Cetak offset menggunakan film atau plat cetak yang berfungsi sebagai media tranfer dokumen yang akan dicetak ke permukaan plastik, kertas, dll. dan dokumen yang akan dicetak diisi tinta dari roll mesin.
Jika penggunakan cetak offset untuk jumlah yang sedikit maka biaya yang harus dibayar akan cukup tinggi karena percetakan offset membutuhkan film atau pelat. Satu pelat mewakili satu warna, dokumen, dan jenis. Makin banyak warna dan jenis dokumen yang digunakan maka biaya yang harus dibayar pun makin besar. Harga cetak offset juga ditentukan oleh kualitas warna, jenis kertas, ukuran kertas, dan paduan warna.
Keunggulan cetak Offset :
·    Kualitas warna cetak offset lebih bagus dan tahan lama ketimbang menggunakan cetak digital.
 Mencetak dalam jumlah banyak harganya lebih murah daripada cetak digital.
·     Bisa mencetak di berbagai media kertas seperti kertas setebal 400gr, kertas bermotif, kertas daur ulang, kertas yang relatif tipis, dan mencetak di atas kertas berukuran 100 x 70 cm.
·   Bisa menggunakan tinta berwarna silver, emas. Jika menggunakan gradasi warna abu-abu  atau grayscale, hasilnya akan lebih akurat dari cetak digital.
·         Hasil cetakannya tajam dan merata dengan tinta Full Block. Pencetakan tinta dengan cara block ini sering dipergunakan untuk pembuatan design type negatif.
Digital Printing
Digital printing merupakan kebalikan dari offset printing. Penggunaan digital printing tidak membutuhkan pelat dan film sehingga harganya tidak diukur dari bahan tersebut. Untuk mencetak dalam jumlah yang sedikit digital printing tergolong lebih murah ketimbang percetakan offset. Waktu yang dibutuhkan pun lebih cepat daripada cetak offset.
Keunggulan cetak digital:
·         Dengan cetak digital Anda bisa mendesain sendiri sesuai keinginan dan hasilnya pun bisa Anda cetak langsung. Kualitas gambar dan tulisan sesuai desain yang dibuat dalam format warna CMYK.
·         Waktu mencetak sangat cepat, tapi tergantung dengan jumlah cetakan.
·         Biaya produksi lebih murah dibandingkan cara cetak lain terutama untuk jumlah yang sedikit (Tanpa minimum order).
·    Lebih ramah lingkungan karena proses percetakannya hemat kertas, tinta, dan lainny












































No comments:

Post a Comment